Belajar Blog

Senin, 24 Januari 2011

PSIKOMETRI


SOAL PSIKOMETRI
1.    Jelaskan yang dimaksud dengan :
a.   Alat ukur
b.  Metode analisis data
c.   Evaluasi hasil pengukuran
d.  Variabel
e.   Representatif Simbolik
f.    Aljabar Ekspetasi dan Sumasi
g.   Validitas dan Reliabilitas
h.  Efek perubahan panjang tes (Blue Print)
i.    Efek Heterogenitas kelompok
j.    Logistik dalam Psikometri
k.  Penskalaan
2.    Adakah kejanggalan dalam Skripsi yang anda amati?

JAWABAN :
1.    a. Alat Ukur
Alat Ukur adalah alat yang digunakan untuk menguji atau mengukur dimensi yang di ukur variable, objek atau atribut yang bertujuan untuk membangun dasar-dasar pengembangan tes yang lebih baik sehingga dapat menghasilkan tes yang berfungsi secara optimal, valid dan reliable
contoh : Subyek penyelitian, subyek dalam penyelitian ini adalah siswa SMPN 7 Mataram yang berjumlah 973 siswa.

b. Metode Analisis data
        Metode Analisis data adalah cara yang digunakan untuk menganalisis data. Yang mana dalam skripsi ini menggunakan “metode penskalaan” dan pada proses penskalaan memusatkan perhatiannya pada karakteristik angka-angka yang merupakan nilai skala. 
Contoh : Analisis Data, untuk menganalisis data yang telah diperoleh digunakan analisis Variansi-1 jalur dengan bantuan komputasi Seri Program Statistik (SPS-2000) dari Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta versi IBM / IN. 
c. Evaluasi hasil pengukuran
        Evaluasi hasil pengukuran adalah Perbandingan dan penetapan kerelatifan kepentingan fenomena, score atau hasil test. Sumber : (Drs. H.M. Hafi Anshari. 1996. Kamus Psikologi. Usaha Nasional. Surabaya)
               Evaluasi hasil pengukuran merupakan pembandingan antara hasil ukur dengan suatu norma atau suatu criteria dan hasilnya bersifat kualitatif dan dinyatakan secara evaluative.
Sumber :(Dr. Syaifuddin Azwar, MA. 2009. Dasar-Dasar Psikometri. Pustaka Pelajar:Yogyakarta).
Contoh: Dari hasil uji analisis variansi 1-jalur diperoleh F hitung sebesar  0,047 dengan P= 0,823 sehingga dapat dinyatakan tidak signifikan, artinya tidak ada perbedaan achievement motivation antara siswa yang mendapat JAMKESMAS dengan siswa yang tidak mendapat JAMKESMAS di SMPN 7 Mataram. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Ada Perbedaan Achievement Motivaton antara siswa yang mendapat JAMKESMAS dengan siswa yang tidak mendapat JAMKESMAS” ditolak.  

d. Tingkat Hasil Pengukuran
                Tingkat hasil pengukuran adalah salah satu tingkat pengukuran (Levels Of Measurement) menurut kompleksitasnya. Level-level hasil pengukuran adalah nominal, ordinal, internal, dan rasio. :(Dr. Syaifuddin Azwar, MA. 2009. Dasar-Dasar Psikometri. Pustaka Pelajar:Yogyakarta).
                 
e. Variabel
        Variabel adalah symbol yang nilainya dapat bervariasi, yaitu angkanya dapat berbeda-beda dari suatu subjek ke subjek yang lain atau dari objek ke objek yang lain. Variasi angka termaksud tidak hanya dalam artian varians kuantitatif akan tetapi juga dapat mengandung arti variasi kualitatif. :(Dr. Syaifuddin Azwar, MA. 2009. Dasar-Dasar Psikometri. Pustaka Pelajar:Yogyakarta).
Contoh : Variabel Penelitian, Achievement motivation adalah keadaan yang timbul sebagai akibat adanya suatu dorongan dalam diri seseorang untuk melakukan atau mengerjakan kegiatan atau tugas dengan sebaik-baiknya agar mendapat prestasi yang memuaskan.  

f. Representasi Simbolik
        Menjelaskan contoh-contoh yang mempertimbangkan indikasi nyata atau syah dari karakteristik populasi seluruhnya dengan menggunakan symbol-simbol parameter dan statistic yang didasarkan pada harga statistic yang bersangkutan. (Drs. H.M. Hafi Anshari. 1996. Kamus Psikologi. Usaha Nasional. Surabaya).
Contoh : a : jumlah perlakuan
                   b : jumlah subyek dalam kelompok
                   N : jumlah subyek seluruhnya
                   Fo : jumlah harga F yang diperoleh           
                                                                                                             
        Dalam penelitian Skripsi ini keterangan dari representasi simbolik yang digunakan adalah:
r     = Koefisien korelasi antara variable x dan y
N       = Jumlah subjek dalam penelitian
Jumlah perkalian antara variable x dan y
  = Jumlah skor item
  = Jumlah skor total
x   = Jumlah kuadrat skor item
        y  = Jumlah kuadrat skor total

g. Aljabar Ekspetasi dan Aljabar Sumasi
         Aljabar Ekpetasi adalah nilai harapan dan aturan-aturan operasinya dan merupakan nilai rata-rata dari suatu distribusi skor.
        Contoh : Harga a dan k dicari melalui skor kasar dari persamaan:

Aljabar Sumasi adalah hukum komputasi dalam statistika dan teori pengukuran mengikuti tata cara aritmatika yang mencakup aturan-aturan penjumlahan (+) dan perkalian (x), namun penyajiannya dimudahkan oleh penggunaan simbol-simbol operasi aljabar. Dalam hal ini, pengurangan (-) merupakan penjumlahan dengan bilangan negatif, sedangkan pembagian (:) dikatakan sebagai perkalian dengan bilangan pecahan. :(Dr. Syaifuddin Azwar, MA. 2009. Dasar-Dasar Psikometri. Pustaka Pelajar:Yogyakarta).

h. Validitas dan Reliabilitas
           Validitas adalah berasal dari kata validity yang mempunyai arti sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya. Suatu tes atau instrument pengukur dapat dikatakan mempunyai validitas yang tinggi apabila alat tersebut menjalankan fungsi ukurnya atau memberikan hasil ukur yang sesuai dengan maksud dilakukannya pengukuran tersebut. Tes yang menghasilkan data yang tidak relevan dengan tujuan pengukuran dikatakan sebagai tes yang memiliki validitas rendah.
                           Reliabilitas adalah penerjemahan dari kata reliability yang mempunyai asal kata rely dan ability. Pengukuran yang memiliki reliabilitas tinggi disebut sebagai pengukuran yang reliabel, konsep reliabilitas ialah sejauh mana hasil suatu pengukuran dapat dipercaya. (sumber : (Dr. Syaifuddin Azwar, MA. 2008. Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar:Yogyakarta)).
        Contoh : hasil perhitungan reliabilitas 4 aspek dalam skala achievement motivation dinyatakan sangat signifikan nilai P = 0,000-0,001 dimana nilai rtt berkisar antara 0,329-0,453. Dengan demikian dalam penelitian ini skala achievement motivation dapat dinyatakan andal atau reliabel.
       
i.                                                         Efek Perubahan Panjang Tes
            Perubahan panjang tes adalah perubahan pada jumlah aitem tes. Perubahan panjang tes tidak saja akan mengubah mean dan varians skor tes akan tetapi akan mempengaruhi pula reliabilitas dan validitasnya. Pengaruh perubahan termaksud terhadap reliabilitas dan validitas hanya dapat diprediksikan apabila aitem-aitem yang ditambahkan pada atau dihilangkan dari tes merupakan aitem atau kumpulan aitem yang setara dengan yang lainnya. (sumber : (Dr. Syaifuddin Azwar, MA. 2008. Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar:Yogyakarta)).
        Contoh: Reliabilitas merupakan keandalan alat ukur , dimana alat ukur tersebut menunjukkan hasil pengukuran yang relatif konstan walaupun diberikan pada waktu dan tempat berbeda.
j. Efek Heterogenitas kelompok
           Efek heterogenitas kelompok adalah besar kecilnya variasi distribusi skor subjek pada variable yang diungkap oleh tes yang bersangkutan atau besarnya keanekaragaman skor kecakapan verbal diantara individu yang di tes. Heterogenitas skor kelompok yang di tes mempengaruhi koefisien reliabilitas dan koefisien validitas tes.
       
k.    Logistik dalam Psikometri
Logistik dalam Psikometri merupakan prosedur komputasi. Terdapat tiga macam model logistic dalam teori respon, perbedaan ketiganya merupakan parameter yang dipakai untuk menggambarkan karakteristik aitem model yang bersangkutan.
Contoh: performance yang digunakkan adalah tipikal, karena berdasarkan perbedaan secara pribadi.
l.         Penskalaan
Penskalaan (scaling) merupakan suatu prosedur penempatan atribut attau karakteristik objek pada titk-titik tertentu sepanjang suatu kontinum. Pada proses penskalaan memusatkan perhatiannya pada karakteristik angka-angka yang merupakan nilai skala.
Contoh : skala achievement motivation dilakukan dengan menggunakan bantuan komputasi seri program Statistik (SPS-2000) Program Analisis Kesahihan Butir edisi Sutrisno Hadi dan Yani Pamardiningsih, UGM            Yogyakarta versi IBM / IN; Hak Cipta (c) 2005, dilindungi undang-undang.
m.   Tidak ada kejanggalan.


1 komentar:

  1. maaf bang, saya boleh tny ttg buku refernsi untuk efek heterogenitas kelompok, selain buku syaifuddin azwar "dasar-dasar psikometri"??
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus